Senin, 10 November 2008

bermain Yuuuk,,,,,,,,,,!!!!

Untuk Usia 5 tahun ke Atas

1. Keluarga Binatang
Tujuan : ice breaking, energizer, learning, dan communication
Tempat : indoor atau outdoor
Waktu : 15-20 menit
Peserta : jumlah ideal antara 20-30 orang
Alat dar bahan:
penutup mata dan kertas instruksi, yang berisi nomor dan jenis hewan. Kertas dipegang oleh pemandu permainan.

Cara Bermain:
Kumpulkan seluruh peserta.
Minta peserta ke dalam beberapa kelompok, dengan anggota kelompok sekitar 4-6 orang. Pisahkan antara kelompok supaya tidak terlalu berdekatan.
Mintalah setiap kelompok berhitung sesuai dengan jumlah anggota kelompok dan minta masing-masing mengingat nomornya sendiri-sendiri.
Berikan kertas instruksi kepada tiap-tiap kelompok. Dan masing-masing peserta dalam kelompok harus mengingat jenis hewan yang dia perankan sesuai dengan nomornya masing-masing. (Jika tidak memungkinkan dengan kertas instruksi, keterangan ini bisa disampaikan dengan lisan)
lnstruksinya adalah minta semua orang berkumpul berdasarkan jenis hewan yang mereka perankan. Misalnya, kelompok kuda, kelompok harimau, dan seterusnya. Untuk memanggil hewan yang sejenis berkumpul, peserta hanya diperbolehkan mengeluarkan suara menirukan hewan yang diperankan. Misalnya untuk jangkrik, peserta hanya boleh bersuara 'krik-krik-krik' dan seterusnya.
Setelah waktu habis atau ada kelompok hewan yang sudah berkumpul semua maka permainan dihentikan. Kelompok hewan yang berkumpul paling dulu, dialah yang menjadi pemenang dalam permainan ini.

Hikmah/manfaat permainan
Bagi peserta, terutama anak-anak, permainan ini dapat menjadi sarana untuk mengenal karakteristik yang unik dari berbagai hewan di lingkungan sekitarnya, salah satu di antaranya adalah dari suaranya.


2. Permainan Satu Indera
Tujuan : penyegar suasana (energizer) dan perception
Tempat : indoor atau outdoor
Waktu : 15 menit
Peserta : sekitar 15-25 orang
Alat dan bahan yang dibutuhkan:
benda apa pun yang bisa digenggam dan kain penutup mata.

Cara bermain
Peserta membentuk lingkaran. Jarak antar peserta agak renggang sehingga tidak saling bersentuhan.
Pemandu meminta peserta untuk memejamkan mata (atau menggunakan penutup mata) dan menjadi bisu.
Pemandu kemudian menjatuhkan benda apapun dan di manapun.
Dengan kondisi mata masih tertutup, peserta diminta mengambil sesuatu yang didengarnya tanpa berbicara. Hal ini dilakukan peserta yang disebut namanya oleh pemandu atau bisa dilakukan secara bergantian.

Hikmah/manfaat permainan
Dapat melatih kepekaan indra peserta, terutama pendengaran.
Peserta dapat merasakan dan berempati terhadap kondisi sesamanya yang tidak mempunyai indra penglihatan.

Tidak ada komentar: